Jaman Modern=Jamannya Serba Instan!Gimana Bisa Sehat??

Image

Waktu berjalan tanpa bisa dikendalikan,bahkan tak bisa kita ulang seperdetikpun. Seiring dengan berjalannya waktu,beberapa akan mulai berubah,entah itu berubah lebih baik atau buruk. Perubahan itu meliputi berbagai aspek dalam kehidupan yang begitu kompleks dan saling berkaitan.Antara satu aspek dengan aspek yang lain akan saling mempengaruhi.Adapun perkembangan yang berjalan secepat waktu adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.Akan tetapi yang dibahas disini adalah perubahan Life style masyarakat yang semakin tidak sehat.Mulai dari urusan makanan,minuman,sampai urusan pergaulan yang semakin tidak sesuai dengan nilai dan norma luhur masyrakat indonesia. Ini menjadi masalah yang cukup besar bagi kita.
kita ambil contoh:di Zaman modern ini kita cenderung menkonsumsi makanan yang instan.Adapun alasan mereka yang lebih suka menkonsumsi makanan yang serba instan ini adalah karena mereka terlalu banyak aktivitas yang harus diselesaikan alias sibuk.Padahal ini tidak dapat dijadikan alasan yang tepat untuk masalah ini.Menurut beberapa penelitian,makanan instan ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita. karena dalam makanan ini kemungkinan mengandung bahan-bahan kimia pengawet dan pewarna yang berbahaya itu sangat besar. untuk tahap pertama,mungkin tidak berdampak besar bagi kesehatah kita.Akan tetapi,setelah setahun,lima tahun.bahkan sepuluh tahun kita tetap menkonsumsi makanan instan ini secara terus-menerus,bahan-bahan kimia yang berbahaya ini akan terakumulasi dalam tubuh dan nantinya jumlah zat kimia yang terakumulasi ini akan mempengaruhi kerja organ dalam tubuh kita.Misalnya saja:senyawa rodamin B adalah senyawa yang berfungsi sebagai pewarna pakaian yang sering disalahgunakan sebagai zat pewarna makanan.Menurut penelitian terakhir,rhodamin B dapat menyebabkan kanker pada hewan sample percobaan tikus.Hal ini dikarenakan rhodamin B adalah senyawa karsinogenik. Senyawa karsinogenik adalah senyawa yang menyebabkan mutasi gen pada sel. Mutasi gen ini menyebabkan perubahan sifat pada sel. Sel yang mengalami mutasi ini menyebabkan sel overactive dalam menggandakan dirinya.
selain rhodamin B,ada pula zat bahan tambahan makanan yang berpotensi menimbulkan kanker,yaitu:senyawa nitrit dan senyawa nitrat.Senyawa ini sering dipakai untuk memberi warna merah segar pada daging yang diawetkan.Zat ini bila dikonsumsi sesuai dengan kadar yang diperbolehkan memang tidak masalah. Akan tetepi,bila dikonsumsi akan menimbulkan kanker.

Dari uraian di atas,sudah seharusnya kita lebih memprioritaskan untuk menjaga kesehatan dan sebisa mungkin menhindari makanan instan yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s