Energi Nuklir,Akankah Menjadi Energi Yang Aman Bagi Manusia?

Dalam kehidupan sehari-hari,kita tidak dapat dipisahkan dari yang namanya energi. ketika kita makan,kita juga membutuhkan energi bahkan saat tidurpun kita membutuhkan energi. pada saat kita tidur,pada dasarnya organ-organ dalam tubuh kita melakukan metabolisme yang juga membutuhkan energi.Dalam dunia industri,energi memegang peranan yang sangat penting. Dalam dunia industri,ada banyak proses yang begitu kompleks dan membutuhkan energi yang tidak sedikit.Bahkan,bila skala industri ini adalah skala yang besar maka akan dibutuhkan jutaan joule untuk menjalankan proses-proses kompleks dalam dunia industri.

Dan yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana bila terjadi kelangkaan energi dalam kehidupan serba tergantung pada energi ini?bisa dipastikan kehidupan akan terhenti.Sumber energi yang diisukan terancam habis adalah bahan bakar fosil. bahan bakar fosil ini merupakan hasil penguraian sisa-sisa makhluk hidup yang tertimbun di dasar laut selama jutaan tahun lamanya menjadi senyawa hidrokarbon.Dari uraian di atas,baha bakar fosil ini tidak dapat terbentuk secara cepat dan sementara penggunaan bahan bakar ini dilakukan secara terus menerus. jika ini terjadi secara terus menerus,maka bahan bakar akan semakin terancam langkah. Berangkat dari masalah kelangkaan energi ini,banyak upaya telah dilakukan oelh manusia di dunia untuk mengantisipasi habisnya cadangan energi fosil. salah satu hal yang dilakukan adalah menciptakan energi alternatif.Energi alternatif yang telah diciptakan adalah pembuatan etahnol dari bahan-bahan organik,penggunaan air sebagai bahan bakar mobil,penggnaan energi nuklir,dan lain-lain.

Dari penemuan dan penciptaan energi alternatif ini,energi yang paling efisien adalah energi nuklir. tenaga nuklir ini menurut penelitian dapat menghasilkan energi beberapa kali lipat dari energi yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil.Akan tetapi,penggunaan tenaga nuklir ini masih menimbulkan pro kontra bagi masyarakat dunia, Hal ini terkait dengan dampak negatif yang ditimbulkan bila terjadi kesalahan dalam penggunaan tenaga nuklir. sebut saja tragedi shernobil di Rusia.Kebocoran pada reaktor nuklir ini menyebabkan mutasi gen yang berskala besar pada masyarakat rusia.Adanya semacam perasaan ketakutan inilah yang menyebabkan tenaga nuklir masih belum digunakan oleh masyarakat dunia secara luas. Di Indonesia sendiri tenaga nuklir ini belum diaplikasikan.Padahal Indonesia memilki daerah -daerah yang berpotensi untuk dijadikan pembangkit tenaga nuklir. Sebut saja pulau Madura yang tidak pernah terjadi gempa.Diakui atau tidak penggunaan tenaga nuklir akan semakin kerap diisukan beberapa tahun ke depan. Hal ini terkait dengan desakan kelangkaan energi yang tidak dapat dielakkan.Jika benar penggunaan tenaga nuklir ini akan diterapkan,kita hendaknya lebh terbuka dalam menanggapi hal ini. Kita harus membuang rasa kekhawatiran itu dan menegaskan bahwa tenaga nuklir ini aman jika kita dapat memperlakukannya secara aman.ImageGambar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s